Salah satu hobi yang bisa memberikan penghasilan adalah berbisnis tanaman hias. Sekalipun dengan modal yang dimiliki terbatas pun tetap bisa dilakukan. Selain peluang usaha yang masih terbuka lebar, keuntungannya pun juga cukup menjanjikan. Apalagi jika dikelola lebih professional, maka hasilnya pasti akan jauh lebuh maksimal lagi..

Meskipun awal mula berbisnis tanaman hias dilakukan sambil menyelaraskan hobi, tidak ada salahnya untuk melakukan persiapan. Persiapan umum seperti lokasi lahan dan prasarana kelengkapannya yang akan digunakan juga persiapan khusus, meliputi; pengetahuan, edia tanam dan jenis tanaman hias.  Beberapa bisnis yang berkaitan dengan tanaman hias, antara lain:

1. Persewaan tanaman hias

Bisnis menyewakan tanaman hias memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Tanaman hias dibutuhan untuk menambah keindahan di berbagai acara pernikahan, kegiatan keagamaan maupun event pertemuan lainnya. Selain itu gedung-gedung perkantoran dan pemerintahan juga memerlukan tanaman hias yang berganti secara rutin setiap  7 hari hingga 30 hari.

2. Bisnis Anggrek

Keindahan dan keunikan tanaman hias anggrek membuat harganya bisa melambung tinggi hingga puluhan juta rupiah. Berbisnis tanaman hias jenis anggrek biasa  digeluti para hobies yang rata-rata dari kalangan ekonomi mampu. Kebanyakan mereka menjualnya dari bibit dalam botol, anakan anggrek hingga tanaman dewasa yang sudah berbunga.

3. Usaha Aneka Tanaman Hias

Jika lahan yang dimiliki cukup luas memiliki aneka tanaman hias bisa memberikan variasi kepada konsumen untuk memilih jenis pohon yang disukainya. Pada dasarnya tanaman hias dapat dikelompokan menjadi tiga, yaitu;

  • Tanaman hias bunga seperti; mawar, bunga matahari, melati, asoka dan lain sebagainya
  • Tanaman hias buah seperti; cabai pelangi, lemon, jeruk nagami dan lain sebagainya
  • Tanaman hias daun seperti; suplir, aglonema, pucuk merah dan lain sebagainya

4. Bisnis Tanaman Bonsai

Harganya yang relatif mahal menjadikannya salah satu tanaman hias yang memberikan keuntungan besar adalah pohon bonsai. Karena bentuknya yang unik menjadi kegemaran para kolektor tanaman bonsai yang rata-rata berasal dari golongan ekonomi mampu.  Beberapa jenis tanaman hias yang baiasa di bonsai antara lain; adenium atau kamboja, cemara, beringin, bougenville, azalea, kelapa dan lain sebagainya.

Tanaman  hias disukai karena pesona keindahannya, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memilikinya. Selain bisa menyalurkan hobi bertanam juga bisa memperoleh penghasilan. Peluang usaha tanaman hias prospeknya cukup terbuka dan keuntungannya pun juga menjanjikan. Semoga bermanfaat.