Cara Melakukan Screenshot Di Laptop ASUS

Selamat datang di blog saya. Kali ini kita akan berbagi tutorial bagaimana cara melakukan screenshot di laptop ASUS atau meng-capture tampilan layar yang ada di laptop Asus, Acer atau laptop apapun. Intinya cara screenshot laptop ASUS dan laptop lainnya itu caranya sama saja.

Download Aplikasi Screenshot Untuk Laptop

Pertama, kita membutuhkan aplikasi. Nama aplikasinya lightshot. Itu silakan bisa kalian download dari situsnya di sini… app.prntscr.com

Setelah buka situsnya, Kita bisa langsung klik download aplikasi lightshot. Ada pilihannya ya untuk semua OS, jadi jangan khawatir. Pilih download for Windows (jika OS laptop kamu Windows) atau download for Mac (jika laptop kamu Mac).

Setelah klik download dan master file lightshot terdownload, cek di folder mana hasil download-an tersimpan.

Setelah ketemu file setup lightshot yang terdownload, selanjutnya pilih file tersebut dan klik kanan lalu install. Untuk isntalasi bisa pilih dulu bahasanya. Ada bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Jika instalasi sukses, maka akan tampil icon gambar bulu warna ungu di pojok kanan bawah layar laptop.

Step by Step Cara Melakukan Screenshot di Laptop ASUS dan Lainnya

Untuk pemakaiannya sangat gampang. Ikuti step-stepnya berikut ini…

  • Pada icon lightsot (gambar bulu), yang terletak di pojok kanan bawah layar laptop, klik icon tersebut. Selain klik icon, bisa juga kita tekan tombol print screen (PrtSC Sysrq atau PrtSc, tergantuk laptop masing-masing).
  • Setelah klik icon tersebut atau setelah tekan tombol print screen, layar laptop akan berubah menjadi gelap.
  • Selanjutnya kita sorot area layar laptop yang akan kita capture.

Kita sudah memilih area layar laptop yang akan kita screenshot. Nah tinggal selanjutnya kita tinggal pilih. Apakah area layar yang sudah kita pilih (kita sorot) mau diedit dulu, di-share, di-print, di-copy atau di-save.

Cara Melakukan Screenshot Di Laptop ASUS - lightshot

Perhatikan contoh cara melakukan screenshot di laptop dengan lightshot, seperti pada gambar di atas. Keterangan nomor 1-5 pada gambar sebagai berikut…

  • No.1 hasil screenshot bisa kalian simpan di drive, share di sosmed atau ke akun google yang lain.
  • No.2 hasil screenshot bisa langsung kita print
  • No.3 hasil screenshot bisa kita copy. Untuk mem-paste-nya tinggal buka aplikasi office atau grafis, lalu kita klik kanan > paste. Atau langsung dengan tekan Ctrl+V.
  • No.4 hasil screenshot kita simpan di folder yang kita tentukan.
  • No.5 hasil screenshot bisa kita edit dulu sebelum kita memilih action no.1, 2, 3 atau 4.

Dengan lightshot, Sangat gampang cara melakukan screenshot di laptop ASUS atau laptop apapun bukan ?