Jam tangan Casio merupakan jam tangan dari perusahaan elektronik terkemuka asal Jepang yaitu Casio Ltd. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1946 oleh Kashio Seisakujo di Mitaka, sebuah distrik di Kota Tokyo, Jepang. Sejak didirikan, Casio selalu memegang tegang nilai utama perusahaan yaitu kreativitas dan kontribusi. Kedua nilai tersebut menjadi komitmen Casio untuk memberikan produk yang berguna dan unik kepada masyarakat.

Casio sebagai salah satu kontributor utama dalam penyedia produk inovatif untuk masyarakat selalu memberikan berbagai produk baru yang unik dan inovatif. Salah satu contohnya adalah produk unggulan Casio yaitu jam tangan. Jam tangan buatan mereka memiliki berbagai fungsi yang inovatif dan menarik serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Hal tersebut membuat jam tangan merk Casio menjadi salah satu jam tangan yang cukup banyak dicari dan ditunggu oleh masyarakat luas.

Arloji atau jam tangan buatan dari Casio juga menjadi salah satu properti dalam berbagai film hollywood. Dengan tampil sebagai properti film, Casio aktif memasarkan produknya agar lebih dikenal oleh masyarakat. Berbagai aktor film beberapa kali menggunakan beberapa varian arloji Casio tersebut pada beberapa scene. Sebut saja Steve Carell, Bradley Cooper, hingga Adam Sandler semua pernah memakai jam tangan merk Casio dalam beberapa film yang mereka bintangi.

Berikut adalah beberapa film terkenal yang menggunakan Casio sebagai salah satu properti dalam film:

Avatar (2009)

Avatar merupakan salah satu film terlaris yang pernah dibuat sebelum dikalahkan oleh film besutan Marvel, Avengers: Endgame (2019). Film ini merupakan sebuah film fiksi ilmiah yang menceritakan suatu krisis energi yang dialami manusia di abad ke 22. Untuk mengatasi hal tersebut, manusia harus mengambil energi di planet lain dengan menggunakan suatu media yang disebut avatar.

Di dalam film avatar, Casio menyematkan 3 jam tangannya kepada 3 orang aktor. Stephan Lang yang berperan sebagai kolonel Quaritch mengenakan Casio Pro Trek PRG-90-3V. Kemudian ada Michelle Rodriguez yang berperan sebagai Trudy Chacon mengenakan Casio G-Shock G-056-3V. Dan terakhir adalah Casio PAW-1300G-1V yang dikenakan oleh Sam Worthington yang berperan sebagai Jake Sully.

The A-Team (2010)

The A-Team adalah film bergenre aksi dan thriller besutan 20th Century Fox. Film ini merupakan film yang diadaptasi berdasarkan serial televisi tahun 1980-an dengan judul yang sama. Dalam film ini, salah satu tokohnya yang bernama Letnan Templeton Peck yang diperankan oleh Bradley Cooper mengenakan jam tangan dari Casio. Bradley Cooper terlihat mengenakan jam tangan merk Casio varian G-Shock Giez GS-1001. Jam tangan ini dibuat untuk aktivitas yang berat dan kasar sehingga cocok dengan tema film The A-Team.

American Sniper (2014)

American Sniper merupakan film bergenre drama perang dan biografi. Film yang rilis pada 2014 ini merupakan film yang berdasarkan sebuah buku dengan judul yang sama. Film ini bercerita tentang kehidupan Kyle, seorang tentara sekaligus penembak jitu terhebat Amerika Serikat dengan total 255 tembakan mematikan. Kyle diperankan oleh Bradley Cooper yang dalam beberapa scene mengenakan Casio G-Shock DW-6600 yang memang diperuntukkan sebagai jam tangan militer.

13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi (2016)

Film yang disutradarai oleh Michael Bay, 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi ini merupakan film aksi dan thriller. 13 Hours merupakan film yang didasarkan pada sebuah buku karya Mitchell Zuckoff dengan judul 13 Hours. Film ini mengisahkan tentang 6 anggota pasukan keamanan yang berusaha mempertahankan kompleks konsulat jenderal Amerika Serikat di kota Benghazi setelah terjadi serangan teroris di kota tersebut. Salah satu karakter utama yaitu Jack Da Silva yang diperankan oleh John Krasinski mengenakan Casio G-Shock G7900-1.