Kata SEO dewasa ini mulai sering terdengar. SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu proses yang dilakukan untuk meningkatkan performa website dengan membuatnya berada pada posisi teratas pada mesin pencarian. Dengan demikian, website tersebut akan lebih banyak mendapatkan pengunjung. SEO terdengar sederhana, tapi sebenarnya cukup kompleks dan memerlukan ketekunan dalam prosesnya. Jenis SEO sendiri ada dua jenis, yaitu SEO on page dan SEO off page.

SEO On Page

Dalam on page, hal-hal yang dilakukan adalah optimalisasi isi dari website itu sendiri. Sebelum disebarluaskan, website perlu dirancang dengan seksama. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam SEO on page antara lain:

  1. Title Text: Kata kunci merupakan poin utama yang dapat terlihat ketika orang mencari sebuah website. Gunakan kata kunci yang efektif, tidak terlalu panjang tetapi menarik dan mudah untuk dicari. Gunakan aplikasi SEOMOFO untuk membantu pengecekan.
  2. Konten Halaman: Hal ini penting untuk membuat pengunjung tertarik dan lebih betah di website kita. Gambar, penataan warna, font tulisan, pembahasan yang menarik perlu dirancang dengan matang. Posisikan diri kita seolah pengunjung yang sedang melihat website kita.
  3. Kecepatan Website: Website yang memiliki kecepatan baik akan lebih nyaman untuk digunakan. Meski konten yang dibuat menarik, tetapi bila cenderung lambat akan mengurangi minat pengunjung untuk tetap berada di website kita.

SEO Off Page

Dalam off page, upaya yang dilakukan adalah mengenalkan website pada masyarakat yang lebih luas. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai media sosial seperti berbagi link melalui facebook, line, instagram, whastapp, dan lain sebagainya. Dapat juga meminta bantuan jasa penulis artikel yang kompeten untuk membantu mengenalkan website ke banyak orang, atau membuat konten singkat pengenalan isi website kita (seperti foto atau video).

Itulah sedikit pembahasan tentang SEO on page dan SEO off page. Kedua tipe SEO tersebut sebenarnya hanya berbeda di cara melakukannya, dan keduanya sama pentingnya sehingga tidak dapat dipisahkan. Website yang memiliki tampilan serta konten yang menarik akan sulit mendapatkan pengunjung bila tidak diiringi dengan promosi. Begitu pula sebaliknya, promosi yang gencar tanpa diiringi konten website yang baik akan sulit mendapatkan pengunjung setia. Maka dari itu keduanya harus tetap dilakukan.