Jam tangan Casio merupakan salah satu merk jam tangan yang berasal dari negara Jepang. Jam tangan yang diproduksi oleh perusahaan elektronik Casio ini merupakan salah satu merk jam tangan yang banyak digemari oleh masyarakat. Hal tersebut karena Casio mempunyai kualitas yang baik dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitornya.

Casio sendiri mempunyai berbagai jenis jam tangan yang disesuaikan penggunaan dan peruntukannya. Mulai dari Edifice, Databank, G-Shock, Pro-Trek dan lain-lain merupakan line-up jam tangan Casio yang disesuaikan dan digolongkan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Diantara berbagai line-up Casio tersebut, salah satu yang cukup laku di pasaran adalah G-Shock.

Mengawali tahun 2020, sebagai bentuk permulaan tahun yang baru, Casio beberapa waktu lalu meluncurkan beberapa jam tangan G-Shock yang akan dirilis di awal tahun ini. Ada setidaknya empat jam tangan yang direncanakan akan dirilis mulai Januari 2020. Keempat jam tangan tersebut adalah:

G-Shock GW9400-1B

Jam tangan Casio G-Shock GW9400-1B merupakan produk terbaru dari Casio. Jam tangan ini mempunyai permukaan yang berwarna hitam. Tampilan penunjuk waktu pada G-Shock GW9400-1B menggunakan tampilan digital. Jam tangan keluaran Casio ini juga mempunyai tiga sensor yaitu kompas, termometer, hingga teknologi barometer. Fitur lain yang dibawa pada jam tangan ini meliputi case dan tombol yang dapat mencegah lumpur, debu, dan kotoran masuk ke dalam jam tangan. Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah adanya teknologi baterai yang mampu mengisi dengan menggunakan cahaya matahari.

G-Shock GGB100-1B

Jam tangan Casio GGB100-1B merupakan produk yang juga akan dirilis Casio pada awal tahun ini. Jam tangan ini mengusung tampilan dual-time yaitu analog dan digital sebagai penunjuk waktunya. Selain itu, jam tangan ini dilengkapi dengan quad-sensor yaitu kompas, termometer, barometer, dan penghitung langkah. Desain jam tangan ini menggunakan warna hitam serta dilengkapi dengan struktur inti karbon serta bezel karbon berlapis tiga yang membuat ukurannya lebih ringan. Untuk perlindungan, jam tangan ini cover resin dengan stainless-steel yang mampu menahan masuknya debu, kotoran, hingga lumpur ke dalam jam tangan.

G-Shock DW-5600TMN-1

Jam tangan G-Shock DW-5600TMN-1 merupakan produk terbaru Casio yang terinspirasi dari maneki neko, sebuah jimat keberuntungan Jepang. Mengusung tampilan klasik dari G-Shock DW-5600 yang memiliki tampilan persegi. Kesan maneki neko tampak pada tampilan penunjuk waktu jam tangan ketika dinyalakan. Selain itu, pada bagian cincin penghubung strap jam tangan terdapat die cut yang menggambarkan maneki neko. Berbagai fitur disematkan pada jam tangan ini termasuk ketahanan pada air hingga 200 meter.

G-Shock GA-100TMN-1A

Jam tangan G-Shock GA-100TMN-1A merupakan jam tangan yang memiliki konsep yang hampir sama dengan G-Shock DW-5600TMN-1. Mengusung tema maneki neko, jam tangan ini menggunakan konsep dari G-Shock seri GA-100. G-Shock GA-100TMN-1A memiliki bezel dan strap berwarna hitam dengan tampilan digital-analog yang berwarna keemasan. Fitur yang disematkan pada jam tangan ini meliputi LED light, World Time, stopwatch, penghitung waktu mundur, dan alarm. Selain itu, jam tangan ini memiliki ketahanan terhadap magnet dan getaran serta mampu bertahan dalam air hingga 200 meter.

G-Shock merupakan penemuan dari Kikuo Ibe yang menginginkan membuat jam tangan yang tidak pernah rusak. Keinginan tersebut terwujud lewat jam tangan Casio G-Shock yang dikembangkan sejak 1983 hingga saat ini. Sejak dirilis lebih dari 30 tahun yang lalu, G-Shock terus berevolusi dan mendukung ide dari Kikuo Ibe dengan mantra “jangan, jangan pernah menyerah.”