Ketika berhadapan dengan laptop lambat ternyata sangat mudah, tetapi sebelum menjelaskan bagaimana cara mengatasi laptop atau komputer lambat, Anda harus terlebih dahulu tahu apa yang menyebabkannya.

Tentu saja, penyebabnya bervariasi karena beberapa faktor laptop itu sendiri, tetapi di sini kami akan menjelaskan penyebab laptop lambat yang paling sering ditemukan dan merupakan yang paling umum. Semoga ulasan ini dapat membuat laptop Anda lebih cepat.

Penyebab dan cara mengatasi laptop lemot

Untuk mengatasi laptop lemot, Anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya agar lebih mudah menemukan solusinya. Tenang saja, berikut ini akan menjelaskan secara rinci penyebab utama laptop atau komputer menjadi sangat lambat dan cara mengatasinya. Jadi apa penyebabnya?

1. Terkena virus atau malware

Virus memang merupakan spektrum yang menakutkan untuk laptop Anda, karena virus dapat memperlambat dan merusak laptop Anda. Karena itu, pertimbangkan virus ini, terutama saat mentransfer data offline (melalui Flashdisk) atau online (Unduh).

Selain memperlambat laptop Anda karena kerusakan sistem, virus ini juga dapat merusak data penting pada laptop Anda.

Cara memperbaikinya:

Gunakan antivirus untuk melindungi laptop Anda dari virus atau malware. Jika laptop atau komputer Anda telah terinfeksi oleh virus secara luas. Disarankan untuk menginstal ulang Windows Anda. Ingat! Gunakan Windows asli untuk menginstal ulang. Setelah itu, Anda bisa mencoba tips berikut untuk meminimalkan infeksi virus.

Perbarui antivirus secara teratur.

Hati-hati ketika mencoba mengunduh dari Internet, karena Internet juga merupakan salah satu penyebar virus tercepat.

Berhati-hatilah dengan transfer data melalui Flashdisk, sebelum mentransfer data, sebaiknya memindai terlebih dahulu menggunakan antivirus.

2. RAM kecil

RAM atau memori akses acak adalah memori yang digunakan untuk menyimpan sementara data di laptop saat program dijalankan.

Tentunya, semakin banyak program yang Anda jalankan secara bersamaan benar-benar membutuhkan RAM yang besar. Nah, ini biasanya alasan mengapa laptop atau komputer sangat lambat.

Cara memperbaikinya:

Jika laptop Anda mengalami waktu lemot saat menjalankan program pada saat yang sama, Anda harus meningkatkan kapasitas RAM pada laptop untuk membuatnya lebih besar sehingga proses multitasking berjalan dengan lancar dan tanpa kelambatan.

Secara umum, harga RAM itu sendiri cukup bervariasi, dari harga rendah hingga mahal, tergantung pada merek dan kapasitas RAM. Harap sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.

3. Instal dan jalankan program berat

Salah satu penyebab laptop lambat berikutnya adalah menginstal dan menjalankan program berat. Tentu saja, ini sangat berpengaruh pada kinerja laptop Anda, yang menjadi lebih lambat saat dijalankan.

Cara memperbaikinya:

Solusinya adalah untuk menghilangkan program-program berat yang sedang berjalan. Tentu saja, tidak ada cara lain selain menghilangkan aplikasi atau program.

4. Banyak program diinstal pada laptop

Ternyata memiliki banyak program atau aplikasi yang diinstal pada laptop memiliki efek besar pada kinerja laptop. Apalagi jika RAM laptop Anda kecil, sudah pasti laptop Anda akan melambat.

Cara memperbaikinya:

Mulailah dengan mengklasifikasikan aplikasi mana yang sering digunakan dan aplikasi mana yang jarang digunakan. Setelah itu, mulailah dengan menghapusnya dari laptop Anda sehingga laptop kembali ke kinerja awalnya.

5. Hard disk penuh

Dengan begitu banyak data di laptop, itu tentu mempengaruhi kinerja laptop Anda. Jangan pernah baca di artikel yang berkaitan dengan teknologi bahwa hard disk lengkap di atas 95% dapat mengurangi kinerja laptop hingga 50%.

Cara memperbaikinya:

Seperti dijelaskan di atas, Anda harus memilih aplikasi dan data mana yang penting atau tidak penting. Anda mungkin memerlukan hard drive eksternal untuk menyimpan data ini.

7. Terlalu banyak tab browser yang terbuka

Kami yakin bahwa membuka terlalu banyak tab di peramban dapat menghabiskan RAM laptop Anda. Ini benar-benar berdampak pada kinerja laptop Anda yang semakin lambat.

Cara memperbaikinya:

Untuk dapat mengatasi laptop lemot karena terlalu banyak tab browser dibuka, yaitu meminimalkan pembukaan tab browser.

8. Jarang melakukan pembaruan Windows

Anda tentu sangat malas ketika melakukan pembaruan Windows, bukan? Ternyata ini juga Ini dapat berdampak pada kinerja laptop Anda. Apakah kamu tidak percaya? Silakan coba.

Cara memperbaikinya:

Solusinya adalah memperbarui Windows secara berkala sehingga kinerja laptop Anda tetap prima. Bagi Anda, pengguna Windows 10 akan lebih mudah, karena mereka akan diperbarui secara otomatis.

Kesimpulan

Sebenarnya, berurusan dengan laptop lambat sangat mudah jika kita tahu sebelumnya apa penyebab utamanya. Di atas, saya telah menjelaskan beberapa penyebab utama yang paling sering ditemukan pada laptop lemot. Mulai analisis laptop Anda sendiri, termasuk bagian-bagiannya.

Oleh karena itu, ulasan yang dapat Nirvanaharapan bagikan berkaitan dengan penyebab dan cara mengatasi laptop lemot dengan mudah. Itu saja dan terima kasih.