Gowa bisa jadi julukan wilayah yang satu ini telah tidak asing lagi di kuping kita warga Indonesia. Kerajaan Gowa merupakan salah satu kerajaan memiliki dalam peperangan kebebasan Indonesia.

Tempat Wisata di Gowa Sulawesi Selatan

Tidak cuma banyak asal usul, nyatanya Gowa memiliki kemampuan darmawisata yang amat besar. Keelokan alam berbentuk air turun, hutan, serta situ membuat siapa saja hendak kagum keindahannya. Tidak hanya asal usul serta alam, kemampuan darmawisata kuliner, adat dan religinya membuat wilayah ini betul- betul pantas buat jadi tujuan darmawisata Kamu.

Gowa beribukota di Kota Sungguminasa. Jaraknya cuma dekat 10 km dari pusat kota Makassar. Jarak tempuh yang lumayan dekat. Apa saja subjek darmawisata yang bisa Kamu datangi di Gowa. Selanjutnya keterangannya buat Kamu.

  • Air Turun Takapala

Mendatangi air turun Takapala sambil menikmati sajian lokal khas makassar seperti pindang patin, Kamu hendak menciptakan suatu keelokan alam yang sedemikian itu sempurna. Air turun ini diapit oleh tebing- tebing batu yang sebagiannya ditumbuhi rerumputan hijau. Pancaran sinar pelangi di posisi air turun Takapala pula hendak menaikkan rasa heran Kamu pastinya.

Air turun ini terletak tidak jauh dari perkebunan Teh Malino Highland. Gemuruh airnya terdengar amat bagus. Suatu spot gambar terbaik yang tidak jauh di kota Makassar. Untuk Kamu yang mau mandi, Kamu bisa mandi di kolam kolam renang yang terletak pas terletak di dasar air turun ini.

Tetapi hati- hati, sebab buat turun ke air turun ini Kamu wajib melampaui bebatuan yang amat licin. Serta bila masa hujan datang hendaknya Kamu menjauhi mandi di posisi air turun ini sebab debit air amat kencang.

Kabarnya, dibalik pancuran air turun ini ada suatu terowongan yang keberadaannya hingga hari ini sedang jadi rahasia. Air turun Takapala terdapat di Dusun Bulu’ Tana, Kecamatan besar moncong, kurang lebih 6 kilometer dari Kota Malino serta 66 km dari pusat kota Makassar.

  • Darmawisata Ladang Gowa

Ladang Gowa merupakan salah satu alat darmawisata pas untuk Kamu penikmat Agrowisata. Di ladang darmawisata ini ada bermacam tipe buah- buahan semacam mempelam, nangka, dan tumbuhan lain semacam pinus.

Halaman Darmawisata ini ditata sedemikian muka alhasil terlihat sedemikian itu bagus. Tumbuhan mempercantik berbanjar apik dengan situasi halaman lumayan bersih. Beraneka ragam perihal bisa Kamu nikmati di tempat darmawisata ini semacam memancing, berenang, darmawisata kuliner, main ATV, sepeda listrik serta scuter.

Tempat darmawisata ini ialah salah satu tempat kesukaan para keluarga menghabiskan durasi prei mereka. Posisinya terletak di jalur Poros Malino, Dusun Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.

Cuma berjarak dekat 20 km dari pusat kota Makassar. Buat merambah posisi wisara Ladang Gowa ini Kamu hendak dikenakan karcis masuk sebesar Rp15. 000,- pada hari lazim serta Rp20. 000,- pada dikala akhir minggu.

  • Baluarti Somba Opu

Salah satu gedung memiliki yang lain merupakan kehadiran Baluarti Somba Opu. Gedung aset kerajaan Gowa pada era ke 16 ini ialah gedung bagus yang amat banyak angka asal usul peperangan bangsa Indonesia.

Gedung Baluarti Somba Opu sendiri sesungguhnya sudah tergenang oleh aliran pasang serta sirna. Tetapi, pada tahun 1990 Baluarti ini kembali dipugar. Tidak cuma baluarti, di posisi ini pula ada museum, bedil pekatu serta gedung rumah adat khas bugis.

Baluarti Sumba Opu ialah tempat yang amat cinta buat Kamu lewati. Di tempat ini Kamu bisa memahami khazanah asal usul Indonesia lebih dalam. Baluarti ini terdapat di Jalur Daeng Aturan, Kelurahan Baluarti Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Serta jaraknya cuma 7 km dari kota Makassar.

  • Tanggul Kampili

Bertamu ke tanggul ialah suatu kegiatan yang lumayan istimewa serta asik. Salah satu tanggul yang memiliki panorama alam luar biasa aksi di Gowa merupakan Tanggul Kampili.

Alam yang hijau, air yang bening serta bebatuan istimewa dan menawan bisa dijadikan posisi bersantai serta difoto yang menarik. Tidak hanya itu, di tanggul ini Kamu pula bisa melaksanakan kegiatan memancing yang ialah salah satu kegiatan yang amat asyik.

Tanggul ini terdapat di Dusun Kampili Kecamatan Pallangga, Gowa. Buat masuk ke posisi ini free serta pada saat- saat khusus Kamu hendak dikenakan bayaran parkir. Alam yang hijau serta karakteristik Tanggul Kampili buatnya betul- betul pantas buat Kamu datangi.

  • Malino Highlands

Salah satu tempat darmawisata kesukaan di Gowa merupakan bertamu ke Malino Highlands. Suatu tempat yang menawarkan panorama alam bagus yang amat tidak lazim. Dikelilingi pegunungan serta bebukitan hijau dan keelokan perkebunan teh ialah panorama alam yang amat mengademkan mata Kamu.

Cuaca yang dingin serta awan yang menyapa di pagi hari terasa bagus sambil bersepeda ataupun berkuda di tempat ini. Senang seperti itu opini yang diperoleh kala bertamu ke perkebunan yang dilengkapi ladang fauna kecil ini.

Halaman bunga, air turun serta sebagian spot amat menarik buat Kamu datangi di Malino Highlands. Pesona keelokan yang amat luar biasa. Buat merambah area ini Kamu hendak dikenakan bayaran masuk Rp50. 000,- untuk berusia serta Rp25. 000,- untuk kanak- kanak.

  • Situ Tanralili

Mendatangi situ hendak membagikan kenyamanan tertentu untuk Kamu pastinya. Terlebih situ itu dikelilingi panorama alam yang amat bagus. Nah, di Gowa terdapat suatu situ yang menawarkan panorama alam luar lazim ialah Situ Tanralili.

Suatu pesona alam yang dilahirkan Tuhan di kaki Gunung Bawakaraeng, Malino, Kabupaten Gowa. Kenyamanan mendalam hendak Kamu rasakan bila bertamu ke posisi situ ini.

Situ Tanralili yang sering diucap” Ranah Kumolo” nya Goa ini terdapat di

Dusun Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Gowa. Tidak gampang memanglah buat menggapai posisi situ luar biasa eksentrik ini. Paling tidak Kamu wajib melaksanakan trekking sepanjang 3 jam.

Dari dusun Lengkese merupakan mulai trekking Kamu sehabis memarkir alat transportasi Kamu. Bayaran parkir motor Rp 5. 000 serta bayaran pendaftaran pula Rp 5. 000. Lumayan ekonomis serta terjangkau.

Busut serta ngarai memanjat runcing wajib Kamu lewatkan buat hingga. Letih memanglah, namun panorama alam sepanjang ekspedisi hendak jadi hiburan tertentu untuk Kamu. Sehabis hingga Kamu hendak memandang alangkah bagus serta mempesonanya Situ Tanralili ini.

Dipastikan rasa letih Kamu hendak lenyap mendadak kala memandang panorama alam alam di dekat situ ini. Posisi ini amat sesuai untuk Kamu yang mau tenda di alam leluasa. Panorama alam yang amat sesuai buat dijadikan posisi gambar Kamu berikutnya.