Jenis dan cara pengendalian hama dan penyakit buah naga – Setiap tanaman tak luput dari yang namanya hama, tak terkecuali buah naga.

Berikut adalah hama dan penyakit buah naga :

  • Kutu putih

Kutu ini bisa ditemukan pada sisik maupun kulit buah, ciri buah naga yang terserang kutu putih ini adalah terdapat lapisan lilin berwarna putih pada buah naga, kutu putih ini tidak mau bekerja sendiri maka mereka mengundang para semut untuk bersama-sama menghancurkan buah naga.

Pengendaliannya : peliharalah predator yang makanannya adalah kutu putih, misalnya beberapa spesies laba-laba.

  • Kutu daun

Ditemukan pada sisik dan kelopak bunga, bagian yang terserang kutu biasanya akan berwarna kuning dan efek yang ditimbulkan yakni buah akan mengerut dan mereka akan mengundang para semut.

Pengendalian : remas dengan tangan jika jumlah kutu daunnya sedikit, tapi jangan lupa pakai sarung tangan, semprot dengan air pada bagian yang terdapat kutu daunnya.

  • Semut

Hewan satu ini yang telah bekerja sama dengan para kutu untuk memusnahkan buah naga dari dataran bumi dan mereka melindungi para kutu dari predator lain yang akan memangsa para kutu. Nyebelin nggak?

Pengendalian : diberi Insektisida Kontak, Insektisida Sistemik, Kapur Ajaib.

  • Belalang

Belalang yang menyerang adalah belalang kayu, belalang akan menggigit buah naga dan bekas gigitannya pada buah naga akan berwarna coklat alhasil akan menurunkan harga jualnya.

Pengendalian : disemprot dengan Insektisida

  • Tungau

Tungau adalah hama yang sangat kecil mirip dengan kutu putih, mereka akan menghasilkan bercak bercak putih tidak merata.

Pengendalian : disemprot dengan Insektisida

  • Bekicot

Hewan ini biasanya akan memakan tunas buah naga berbahaya jika umur buah naga kurang dari setahun.

Pengendalian : bisa ditangkap langsung atau memakai Insektisida

  • Burung

Burung sering mematok buah naga dari atas dan tidak memakan buahnya sampai habis. Dan sisanya akan membusuk. Sehingga akan mempengaruhi produksi buah naga.

Pengendalian : bisa memakai jebakan atau bunyi-bunyian untuk mengusir burung tersebut.

Itulah beberapa hama yang menyerang buah naga dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.