Dalam sebuah proses pinjam meminjam,sudah tidak asing lagi dengan kata jaminan.Jaminan atau dengan sebutan lain agunan memiliki tujuan sebagai penutup resiko kerugian yang ditanggung oleh pihak bank atau lembaga peminjam lainnya,apabila nasabah tidak mampu untuk melunasi kredit yang sudah dipinjam atau bisa jadi karena kegagalan kredit.Atau secara singkat bisa dikatakan bahwa jaminan dipergunakan sebagai sumber pelunasan kredit yaitu dengan cara dijual.

Perlu kalian ketahui bahwa tidak sembarang barang yang dapat dijadikan jaminan.Barang yang bisa dijadikan jaminan tentu harus barang berharga dan dapat memenuhi syarat tertentu.

Lalu bagi kalian yang ingin melakukan peminjaman uang,apa saja barang yang dapat dijadikan sebagai pinjaman?

Kalian akan mengetahuinya setelah membaca artikel ini sampai selesai

Berbagai Macam Jaminan Yang Dapat Di Gunakan Di Indonesia

Berikut,beberapa macam aset yang dikatakan layak dijadikan jaminan di Indonesia

  • Property

Rumah,ruko,gedung,tanah,dan gudang merupakan beberapa jenis property yang bisa di jadikan jaminan  di Indonesia.Jika kalian ingin menggadaikan property tersebut cukup dengan menyerahkan sertifikatnya saja.Namun,property tersebut dapat di anggap layak ambil apabila memenuhi kondisi yang baik,seperti kondisi aset tersebut atau lingkungan yang ada di sekitarnya.

Jika kondisi aset tersebut sudah tidak dapat dikatakan baik atau kondisi lingkungan di sekitarnya yang kurang mendukug seperti tidak dapat mengakses kendaraan maka nilai taksir yang ditawarkan pun kurang bagus.Jadi sebelum kalian benar-benar menggadaikan properti tersebut pastikan property tersebut dalam keadaan bagus sehingga,nilai taksirnya bisa lebih tinggi.

  • Kendaraan

Umumnya di Indonesia menjadikan kendaraan sebagai barang jaminan.Biasanya syarat yang di ajukan adalah jaminan BPKB asli,STNK ,dan kunci kendaraan,untuk sepeda motor berusia tidak lebih dari 5 tahun sedangkan untuk mobil berusia maksimal 10 tahun.

Pada biasanya pihak pegadaian akan memerikasa kondisi kendaraan kalian terlebih dahulu.

  • Logam Mulia

Salah satu jenis kredit yang juga sering digunakan di Indonesia adalah logam mulia terutama emas.Selain karena bunganya yang rendah,emas mudah diuangkan karena sudah terdapat ukuran harganya serta prosesnya yang cepat.Umumnya masyarakat Indonesia menggadaikan emas di pegadaian milik pemerintah.

Nilai yang diperoleh dari menggadaikan emas biasanya sekitar kurang lebih 80% dari harga aslinya,karena pegadaian biasnya menghitung bagian berat emas saja,tidak dengan desain atau hal lainnya.

  • Kapal dan Pesawat

Transaksi pegadaian yang melibatkan kedua benda tersebut biasanya terjadi antara bank dan sebuah perusahaan untuk transaksi yag berskala besar.Kapal dan pesawat dengan volume bruto minimal 20 meter kubik dan berbobot bruto maksimal 20 meter kubik saja yang bisa dijadikan sebagai jaminan.

  • Hasil Perkebunan dan Perternakan

Biasanya yang melakukan transaksi menggunakan hasil ternak atau kebun adalah petani atau peternak.Untuk hasil perkebunan biasnya yang dijadikan jaminan adalah biji kopi yang berkalitas yaitu seperti jenis arabika gayo.Suku bunga yang ditawarkan juga kompetitif yaitu hanya 0,5% per bulannya.Biasanya bank memberikan satu kuartal atu tiga bula,tapi masih bisa diperpanjang jika jumlah kopinya minimal adalah 1 ton.

Sedangkan untuk peternakan yang sering dijadikan jaminan adalah sapi.Itupuntidak sembarang sapi diterima,biasanya yag diterima adalah sapi betina yang produktif,tapitak jarang juga yang menerima sapi hamil atau sapi siap hamil.Para debitur yang rata-rata peternak biasanya mencari pinjaman ini untuk mendapatkan KUPS (Kredit Usaha Pembibitan Kopi).

  • Peralatan Pabrik

Pinjaman ini juga di lakukan oleh perusahaan,aset ini biasanya pihak bank melihat aspek umur dan juga kelayakan teknis lainnya,sebagai contoh kelayakan mesin.Platfon tertinggi yang diberikan kreditur ketika ada pihak yang memberikan aset umumnya memberikan aset tersebut dengan rata-rata di atas 5 milyar rupiah,hal ini tergantung dengan berapa skala besar yang diberi.

Setelah membaca artikel ini,kalian jadi tahu apa saja jenis jaminan yang digunakan di Indonesia yang bisa digunakan sebagai pinjaman kalian.Tentunya kalian jadi lebih bisa mempertimbangkan barang apa yang akan kalian jadikan pinjaman.Tentunya barang tersebut barang yang kalian punya sendiri dan juga memenuhi syarat yang berlaku.

Kalian yang berniat mendapatkan pinjaman dengan menggadaikan barang kalian berupa BPKB dan kalian menginginkan proses pencarian yang cepat dan syarat yang mudah,kami disini dapat memberika solusi yang terbaik bagi kalian semua.Kalian hanya perlu mengunjungi website https://gadaibpkbmudah.com/,sehigga kalian dapat mengetahui jasa pegadaian tersebut dengan lebih mudah.