Bercerita tentang sejarah memang tidak ada habisnya, apa lagi sejarahnya sangat menarik untuk kita ketahui, seperti tugu pahlawan yang berada disurabaya ini, mungkin bagi kamu orang Surabaya sudah tidak asing lagi mendengar kata tugu pahlawan, dimana tugu ini sekarang menjadi tempat objek wisata, tugu pahlawan ini merupakan salah satu bukti sejarah dimana tugu ini berdiri ditanah Surabaya, tinggi nya tugu pahlawan ini 41,15 meter, dan keunikan tugu ini ia berbentuk paku terbalik, atau banyak dikenal sebagai bentuk lingga, dan bagian tubuhnya sendiri berbentuk seperti lengkungan-lengkungan atau canalures dengan jumlah sepuluh lengkungan dan kemudian dibagi menjadi sebelas ruas.

Tugu Pahlawan Surabaya

Nah adapun ukuran tinggi, lingkungan, hingga ruas yang diterapkan juga memiliki makna tersendiri bagi tugu pahlawan ini, maksud dari perpaduan tersebut adalah lingkungan yang menunjukan tanggal 10, ruasnya untuk bulan 11, dan tingginya tugu ini menunjukan tahun 1945, dan tanggal 10 november 1945 adalah merupakan tanggal bersejarah untuk negara Indonesia ini sendiri. Untuk info paket wisata bisa cek di nahwatour.com.

Seperti yang sudah disebutkan tugu pahlawan ini memiliki hubungan yang erat dengan peristiwa penyebab pertempuran Surabaya 10 november 1945 silam, nah pada masa itu meskipun Indonesia sudah memproklamirkan kemerdekaan, tetapi dalam kenyataannya perjuangan bansa belum benar-benar merdeka, justru semakin parah, karena pada waktu itu bukan lagi memperoleh kemerdekaan yang dilakukan, melainkan memperjuangkan mempertahankan bangsa dan negara, dan tentu saja itu lebih berat dari pada memeperoleh kemerdekaan.

Dan waktu itu belanda yang tidak terima mengakui kedaulatan Indonesia yang sudah merdeka, dan pasukan belanda pu mengibarkan bendera belanda dihotel yamato, namun adanya pasukan pemuda indinesia yang geram melihat berkibarnya bendera belanda dan mereka pun naik keatsa gedung hotel untuk merobek warna biru bendera belanda terusebut.

Dan setelah kejadian itu berakhir disusul lagi dengan memuncaknya pertempuran antara rakyat Indonesia dengan inggris akibat kesalahphaman yang terjadi pada pasa itu terbunuhnya jendral AWS mallaby, dan pihak inggrispun semakin pitam dan sangat marah kepada rakyat Indonesia, sehingga mayor jenderal eric carden mansergh mengeluarkan senjatanya ultimatum, agar rakyat Indonesia menyerah, namun rakyat Indonesia tetap bertahan dan tidak menyerah dan rakyat Indonesia pun meresa harga dirinya telah diinjak-injak karena ultimatum tersebut, karena penolakan tersebut, maka pada tanggal 10 n0vember 1945, inggris pun menyerang Indonesia dengan sekala yang yang sangat besar, inggris mengarahkan sekitar 30.000 infanteri berupa tank kapal perang, pesawat terbang, dam memborbardir kota surabya dengan senjata mereka Meriam dari darat dan udara, sedangkan arek-arek Surabaya hanya menggunakan senjatanya dengan bambu runcing rakyat Indonesia tetap semangat melwan inggris hingga akhirnya banyak korban yang berjatuhan, untuk mengenag para rakyat dan pejuang yang telah menjadi korban pada kejadian tersebut, maka tanggal 10 november telah ditetapkan sebagi hari pahlawan.

Didepan pintu masuk tugu pahlawan ini terdapat gapura pintu gerbang berbentuk candi yang menghiasi luar tugu.dan disalah satu sisinya terdapat patung ir. Soekarno yang beliau adalah presiden pertama Indonesia , dan diseblahnya juga ada patung wakilnya drs, moh hatta saat membaca teks proklamasi diantara pilar-pilar tinggi yang menyerupai bangunan-bangun runtuh.

Didalam tugu pahlawan ini juga ada museum yang berbentuk pramida-pramida kecil, dan muse mini juga memperlihatkan berbagai koleksi benda-benda sejarah yang ada kaitannya dengan arek-arek Surabaya, dan museum ini juga dibangun dibawah tanah tugu pahlawan yang kedalamannya mencapai 7 meter, dan bangunan ini juga dikenal dengan sebutan museum 10 november,diarea tugu ini juga ada taman, mini kafetaria, dan lapangan upacara.

Alamat tugu pahlawan berada dikawasan kota lama lebih tepatnya terletak di jl. Pahlawan, kelurahan alun-alun contong, kecamatan bubutan, Surabaya, jawa timur.

Jam bukua kunjungan tugu pahlawan ini pukul 08.-14.30 (senin-jumat), dan 08.00-13.30 (sabtu-minggu) dengan harga tiket masuk kedalam tugu pahlawan hanya RP.5000/ orang.

Nah, itu tadi sedikit kisah tentang tugu pahlawan Surabaya, bagi kamu yang berlibur kesurabaya jangan lupa untuk sempatkan berkunjung ketempat yang penuh sejarah ini, karena tempat ini juga salah satu tempat faforit wisata sejarah yang sangat menarik. Cek juga web Nahwa Tour ya buat info paket wisata.