Meskipun Anda sudah membersihkan gigi dengan baik, seperti rajin menyikat gigi dan melakukannya dengan cara yang tepat, tidak menjadi jaminan kalau gigi Anda tetap sehat dan tidak sakit. Sakit gigi bisa menyerang siapa saja, bahkan untuk Anda yang tidak suka dengan makanan atau minuman yang manis yang menjadi penyebab gigi menjadi sakit.

Gigi yang mengalami sakit memang bukan menjadi hal yang aneh lagi saat ini. Penyebabnya bisa dari berbagai hal, seperti penyakit gusi, gigi keropos, maupun gigi berlubang. Tapi jangan salah sangka, karena masih terdapat beberapa alasan yang bisa memicu gigi menjadi sakit.

Tidak hanya berasal dari kesehatan mulut saja, masih ada hal-hal aneh di luar kesehatan gigi yang menjadi alasan kita menjadi sakit gigi. Berikut beberapa pemicunya.

Terlalu Banyak Olahraga

Alasan pertama kenapa gigi kita terasa sakit yaitu terlalu banyak olahraga. Pastinya kita juga tahu kalau olahraga membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Namun, kalau dilakukan secara berlebihan, justru akan membuat gigi menjadi terasa sakit.

Bahkan dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, atlet yang terlalu banyak melakukan olahraganya akan lebih beresiko mengalami masalah pada giginya daripada atlet yang masih normal-normal saja melakukan olahraganya.

Terlalu banyak atau memaksakan diri untuk berolahraga akan membuat mulut menjadi lebih kering, sehingga air liur juga akan semakin berkurang. Tidak heran zat asamnya akan memicunya untuk menyerang gigi.

Sinusitis

Penyakit sinus merupakan penyakit yang menyerang saluran udara yang berada di antara hidung dan pipi. Ketika salurannya terkena infeksi sinus, jaringan lunak yang terdapat pada saluran tersebut semakin lama akan membengkak dan produksi lendirnya juga akan semakin meningkat.

Saat pembengkakan tersebut, akar gigi yang berada di dekat saluran pernapasan akan semakin tertekan dan sakit gigi pun juga akan mulai dirasakan. Dengan kata lain, jika Anda sedang mengalami gigi sakit ketika pilek maupun flu, ada kemungkinan besar Anda akan lebih mudah terkena infeksi sinus.

Gusi yang Menurun

Gigi yang sensitif juga dapat menurunkan fungsi gigi, karena lapisannya yang semakin menipis dan enamel garis gusinya juga ikut berkurang. Tanpa ada selaput yang melindungi gigi, gigi akan langsung terekspos, sehingga saat mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu, khususnya yang dingin, Anda akan merasakan sakit gigi.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengganti pasta gigi Anda dengan yang khusus untuk gigi sensitif. Dengan pasta tersebut, lapisan enamel Anda akan semakin meningkat.

Gigi Keropos

Sakit gigi juga disebabkan karena adanya gigi yang keropos. Gigi yang mengalami pengeroposan atau patah bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kecelakaan, perubahan suhu cuaca yang ekstrim, atau Anda terlalu sering menggigit sesuatu yang terlalu keras.

Sudah menjadi lebih paham, bukan kalau sakit gigi tidak hanya karena dari masalah giginya saja? Masih ada lagi alasan lainnya kenapa gigi akan terasa sakit, seperti menggemetarkan gigi. Jika Anda terlalu membiasakannya, tentu saja akan menjadi pemicu gigi sakit yang semakin parah.