Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan dalam produksi barang dan jasa ekonomi, dibandingkan dari satu periode waktu ke periode lainnya. Itu dapat diukur secara nominal atau riil (disesuaikan dengan inflasi).

Secara tradisional, pertumbuhan ekonomi agregat diukur dalam hal produk nasional bruto (GNP) atau produk domestik bruto (PDB), meskipun metrik alternatif kadang-kadang digunakan.

Memahami Pertumbuhan Ekonomi

Secara sederhana, seperti yang di lansir akuntansilengkap.compertumbuhan ekonomi mengacu pada peningkatan produksi agregat dalam suatu ekonomi. Seringkali, keuntungan agregat dalam produksi berkorelasi dengan peningkatan produktivitas marginal rata-rata.

Itu mengarah pada peningkatan pendapatan, sehingga konsumen akan belanja dan membeli lebih banyak, yang berarti kualitas hidup atau standar hidup yang lebih tinggi.

Dalam ekonomi, pertumbuhan umumnya dianggap sebagai fungsi modal fisik, modal manusia, tenaga kerja, dan teknologi.

Sederhananya, meningkatkan kuantitas atau kualitas populasi usia kerja, alat-alat yang harus mereka gunakan, dan strategi yang mereka miliki untuk menggabungkan tenaga kerja, modal, dan bahan baku, akan mengarah pada peningkatan hasil ekonomi.

Cara Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Ada beberapa cara untuk menghasilkan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Yang pertama, adalah peningkatan jumlah barang modal fisik dalam perekonomian. Menambahkan modal ke ekonomi cenderung meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

Alat yang lebih baru, lebih baik, dan lebih banyak berarti bahwa pekerja dapat menghasilkan lebih banyak output per periode waktu. Sebagai contoh sederhana, seorang nelayan dengan jaring akan menangkap lebih banyak ikan per jam daripada seorang nelayan dengan tongkat runcing.

Metode kedua, menghasilkan pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan teknologi. Contohnya adalah penemuan bahan bakar bensin; sebelum penemuan tenaga pembangkit energi bensin, nilai ekonomi minyak bumi relatif rendah.

Penggunaan bensin menjadi metode transportasi barang yang lebih baik dan lebih produktif dalam proses dan mendistribusikan barang jadi secara lebih efisien. Teknologi yang ditingkatkan memungkinkan pekerja untuk menghasilkan lebih banyak output dengan stok barang modal yang sama, dengan menggabungkan mereka dengan cara-cara baru yang lebih produktif.

Seperti halnya pertumbuhan modal, tingkat pertumbuhan teknis sangat tergantung pada tingkat tabungan dan investasi, karena tabungan dan investasi diperlukan untuk terlibat dalam penelitian dan pengembangan.

Diukur dalam Mata Uang, Bukan Barang dan Layanan

Ekonomi yang tumbuh atau lebih produktif menghasilkan lebih banyak barang dan menyediakan lebih banyak layanan daripada sebelumnya. Namun, beberapa barang dan jasa dianggap lebih berharga daripada yang lain. Misalnya, smartphone dianggap lebih berharga daripada sepasang kaus kaki. Pertumbuhan harus diukur dalam nilai barang dan jasa, bukan hanya kuantitasnya.

Masalah lain adalah tidak semua individu menempatkan nilai yang sama pada barang dan layanan yang sama. Pemanas lebih berharga bagi penduduk daerah dingin dan bersalju, sedangkan AC lebih berharga bagi penduduk panas seperti pesisir pantai.