Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara clening printer canon dan Epson mudah dan pastinya bisa kamu coba sendiri di rumah. Nah, simak caranya di bawah ini ya!

Cara Cleaning Printer Canon

Apabila printer Epson kamu kamu mengalami masalah seperti tinta printer yang tidak keluar dengan lancar, maka kamu dapat melakukan cleaning printer dengan cara di bawah ini :

  1. Langkah pertama adalah dengan memastikan jika printer sudah dalam keadaan hidup lalu masuk ke menu Devices and Printer.
  2. Pilih printer yang ingin kamu cleaning dan klik kanan lalu klik pada bagian Printer Properties.
  3. Pilih di bagian Maintenance > Cleaning atau Deep Cleaning. Kemudian kamu bisa memilih sesuai dengan kondisi pada printer kamu ya.
  4. Apabila hasil cetak dari printer yang kamu gunakan ini eror maka tidak terlalu parah sehingga pilihlah menu cleaning saja. namun jika sudah sangat parag padahal kamu sendiri sudah melakukan cleaning maka silahkan kamu lakukan langkah deep cleaning untuk mengatasinya.
  5. Di sini kamu bisa memilih semua warna atau hanya warna hitam saja yang akan dicleaning.
  6. Jika proses cleaning sudah selesai maka klim Print check pattern untuk mengetahui hasil warna apakah sudah sempurna atau masih bergaris dan mengalami masalah.
  7. Jika sudah sempurna maka klik close atau cancel.

Cara Cleaning Printer Epson

Untuk cara cleaning printer Canon sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan printer di Canon hanya ada beberapa menu di dalamnya saja yang sedikit berbeda.

Berikut ini adalah caranya :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan Klik menu Windows > pilih menu devices and printer > Klik kanan pada printer yang akan di cleaning > Printing preferences.
  2. Lalu pilih tab Maintenance kemudian klik Head Cleaning.
  3. Lanjutkan dengan cara Klik start lalu tunggu hingga proses cleaning selesai.
  4. Wajib kamu ingat jika pada saat kamu tengah melakukan cleaning printer maka jangan sampai kamu mematikan power printer dikarenakan bisa menyebabkan kerusakan secara permanen.
  5. Jika printer sudah selesai melakukan cleaning maka akan muncu menu Print Nozzle Check Pattern dan Finish. Saran dari Mas Tekno sih, sebaiknya klik Print Nozzle untuk mengecek apakah seluruh tinta sudah keluar dengan sempurna atau belum.
  6. Apabila hasilnya masih bergaris maka kamu bisa melakukan cleaning lagi namu jika sudah sempurna maka kamu bisa klik finish untuk mengakhiri prosesnya.

Gampang kan, caranya? Selamat ya!