Pola asuh anak perlu dipelajari semua orangtua agar dapat mendidik anak dengan baik dan benar. Tidak hanya sekedar tahu apa pola asuh anak itu, tetapi juga dilakukan agar mendapatkan hasil terbaik. Salah satu masalah yang biasa kita temui adalah bagaimana sih cara mendidik anak yang suuper aktif? Anak-anak yang sering berteriak-teriak, berlarian kesana-kemari, tidak suka diam, dan selalu aktif berbicara dengan orang sekitar. Banyak lagi kenakalan yang mereka lakukan dan terkadang merugikan dirinya sendiri dan oranglain. Meskipun  begitu, anak yang super aktif juga memiliki kecepatan dalam proses belajar. Nah, untuk itu, sebagai orangtua kita harus dapat mengendalikan keaktifan si kecil kedalam hal-hal baik yang bermanfaat bagi mereka kedepannya dengan mempelajari pola asuh anak super aktif.

Pasti sebagai orangtua, kalian merasa lelah dan penat jika menghadapi anak seperti ini kan? dibikin santai aja, banyak sekali cara ampuh untuk menghadapi anak yang super aktif. Cara yang dapat mengubah keaktifan si kecil menjadi hal baik. Berikut pola asuh anak super aktif yang ampuh untuk anak anda:

  • Mengatur waktu bermain dan istirahat dengan baik

Sebagai orangtua kita wajib memiliki time schedule untuk mengatur porsi waktu anak bermain dan beristirahat agar tidak kelelahan dan kelebihan jam tidur.

  • Pola asuh anak super aktif dengan mengizinkan anak untuk membantu kegiatan rumah tangga

Seringkali kita melarang anak untuk membantu bersih-bersih rumah atau memasak dengan alasan malah menambah beban. Nah, inilah kesalahan kita, seharusnya kita tidak melarang mereka, tapi mengarahkan bagaimana cara yang benar bukan memarahinya karena berbuat salah.

  • Melakukan kegiatan seru diakhir pekan

Saat diakhir pekan, selalu luangkan waktu untuk bermain ketempat-tempat yang disukai oleh si kecil, atau melakukan kegiatan yang mereka sukai meskipun hanya dirumah.

  • Menahan emosi saat anak melakukan kesalahan

Terkadang banyak hal-hal yang si kecil lakukan dapat membuat kita marah dan lelah. Yang harus kita lakukan adalah sabar dan menahan emosi. Karena jika kita meluapkan emosi maka anak akan meniru keburukan yang kita lakukan

  • Memberikan tanggungjawab pada anak

Di usia yang muda anak masih belum mengerti apa itu tanggungjawab. Sebagai orangtua sepapatutnya kita mengajarkan tanggungjawab kepada si kecil dengan memberikan tugas kecil seperti menyiram tanaman.

  • Membatasi bermain gadget dan menonton televisi

Pola asuh anak yang terkahir yaitu dengan membiasakan agar si kecil tidak menonton TV dan bermain gadget setiap hari.

Itulah beberapa cara pola asuh anak super aktif yang dapat dicoba. Semoga bermanfaat dan dapat membimbing si kecil menjadi anak yang baik.