Mempelajari bahasa asing dapat menjadi nilai tambah bagi seseorang. Ada beberapa pekerjaan yang mensyaratkan kemampuan berbahasa asing. Misalnya pekerjaan content writer, dituntut untuk bisa menulis artikel bahasa Indonesia maupun Inggris. Di era internet saat ini belajar tidak harus menghadiri lembaga kursus. Mempelajari bahasa asing dapat dilakukan dengan mudah yaitu menginstal aplikasi untuk belajar bahasa.  

Selain bahasa Inggris yang merupakan bahasa resmi kancah internasional, ada beberapa bahasa asing yang saat ini mulai populer dan banyak dibutuhkan. Beberapa di antaranya yaitu bahasa Korea, Mandarin, Arab, Jepang, Jerman dan sebagainya. Beberapa instansi perguruan tinggi di Indonesia pun menyediakan jurusan bahasa asing tersebut. Namun tidak semua orang punya kesempatan untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Berikut adalah alternatif belajar bahasa asing menggunakan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis.

Memrise

Aplikasi ini membuat belajar bahasa asing seperti bermain game. Ada fitur latihan dan pendalaman. Di dalam Memrise, ada pendalaman dengan soal pilihan ganda, jawaban isian, maupun mendengarkan audio atau video bahasa asing. Belajar dengan memrise selain menyenangkan, juga mempermudah untuk menghafal kosa kata baru.

Duolingo

Belajar bahasa menggunakan aplikasi Duolingo dapat mengetahui kosa kata yang populer pada bahasa tersebut. Selain itu, Duolingo juga meringkas fitur lengkap dalam satu aplikasi. Pengguna duolingo bisa menggunakan aplikasi untuk belajar bahasa asing ini dengan fitur mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara.

HiNative

Aplikasi HiNative memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi langsung dengan native speaker berbagai bahasa. Ada 110 bahasa yang bisa dipelajari di aplikasi ini. Bentuk aplikasi ini semacam sosial media yang menghubungkan berbagai pembicara bahasa asing. Pengguna bisa meminta koreksi pada native speaker mengenai bahasa yang dipelajari. Sebaliknya, pengguna juga bisa menjadi pengoreksi bahasa yang dikuasainya.

Tandem Language Exchange

Di aplikasi Tandem Language Exchange, pengguna juga bisa berinteraksi dengan native speaker. Hanya saja, untuk Tandem Language Exchange ini sifatnya bisa lebih personal. Pengguna bisa menggunakan fitur chat, video dan pesan suara dengan native speaker. Namun, sebelum berinteraksi perlu bergabung dan terseleksi terlebih dahulu dengan komunitas didalamnya.

Aplikasi untuk belajar bahasa asing hanyalah media. Sisanya, tergantung bagaimana manusia meggunakan teknologi untuk sungguh-sungguh belajar agar bermanfaat. Dengan begitu, kemampuan bahasa asing dapat meningkat.