Fungsi benang sari pada tumbuhan – pada tumbuhan memiliki organ penyusun seperti akar, batang, daun atau bagian bunga. Sementara itu, bunga adalah organ tumbuhan yang paling penting. Karena bunganya adalah tempat di mana serbuk sari dan sel telur terbentuk. Di dalam bunganya ada salah satu penyusun, yaitu benang sari.

Benang sari memiliki jumlah kelopak yang sama. Benang sari juga terdiri dari panjang, batang ramping dan kepala sari di ujungnya. Kita akan menemukan sebuah nektar di dasar benang sari. Cairan adalah makanan yang disukai oleh serangga dan burung penyerbuk.

Fungsi Benang Sari

Bagian Benang Sari

  • Tangkai sari (filamentum). adalah suatu bagian yang memiliki bentuk seperti benang dan memiliki dukungan silang. Kebanyakan benang sari memiliki filum berbentuk bulat/bundar.
  • Penghubung ruang sari. Sesuai namanya, bagian ini merupakan tingkat lanjut dari tangkai sari, bermanfaat dan berguna sebagai penghubung antara kedua kepala sari.
  • Bagian kepala sari. Lokasi bagian ini yakni di ujung tangkai sari. Ada juga dua ruang sari di kepala sari, yang masing-masing memiliki dua kamar kecil. Pollen disimpan di ruang pollen untuk proses penyerbukan. Kantong debu memiliki bentuk yang berbeda seperti bulat, jorong dan berbentuk telur.

Fungsi benang sari

  • Pada benang sari itu menghasilkan serbuk sari dalam bentuk terminal atau anter.
  • Cairan nektar juga ditemukan di dasar benang sari sebagai makanan untuk serangga dan burung penyerbuk.
  • Dapat membantu tumbuhan menyalurkan air dan nutrisi ke arteri secara bersamaan. Membantu dengan distribusi serbuk sari.
  • Untuk alat penanam bunga jantan. Pada benang sari ada berbagai jenis sel yang telah berdiferensiasi dan menjadi serbuk sari. Sedangkan untuk bagian lain, itu akan berkontribusi pada fase pematangan. Pollen juga mengandung gamet jantan atau gamet tanaman. Serbuk sari juga mengandung sel reproduksi jantan tanaman yang terdiri dari gametofit jantan dewasa dan lapisan pelindung.
  • Mendukung posisi yang paling cocok dalam transfer serbuk sari langsung.
  • Tahap penyerbukan terjadi ketika serbuk sari jantan dikeluarkan dari antera di bagian betina dari bunga atau stigma target. Sementara stigma tetap menjaga serbuk sari. Serta termasuk tiga komponen yang membentuk sistem reproduksi wanita tanaman berbunga. Ada 2 organ lain yakni karpal dengan ovarium.

Baca Juga : jaringan meristem

Jumlah Benang Sari

Berikutnya adalah jumlah benang sari dalam bunga. Untuk bunga, jumlah benang sari dapat dibagi menjadi 3 kelompok, termasuk:

  • Benang sari banyak. Jika bunga mengandung lebih dari 20 benang sari. Misalnya pada tumbuhan jambu biji.
  • Jumlah benang sari adalah 2x dibandingkan dengan daun tajuknya. Pada benang sari membentuk 2 lingkaran, yaitu lingkaran dalam dengan lingkaran luar.
  • Jumlah benang sari sama dengan atau kurang dari daun tajuknya. Dalam hal ini dapat dibagi menjadi dua kemungkinan, yaitu Episepal (bergantian dengan daun tajuk) dan Epipetal (berlawanan dengan daun kelopak).

Sumber : rumus.co.id