Contoh teks eksplanasi – Bagi sebagian orang, teks eksplanasi sebenarnya adalah istilah yang tidak dikenal. Tetapi bagi sebagian orang itu akan cukup akrab dengan istilah itu. Teks eksplanasi yang sama ditemukan cukup sering dalam kurikulum 13, yang merupakan jenis kurikulum terbaru di dunia pendidikan.

Sekarang, untuk memudahkan Anda dalam mempelajari teks-teks eksplanasi pada kesempatan ini teks-teks eksplanasi akan diperiksa secara rinci bersama dengan contoh-contoh lengkap. Diharapkan setelah membaca artikel ini, Anda akan semakin mengerti dan dapat membuat teks eksplanasi Anda sendiri. https://rumusrumus.com/contoh-teks-eksplanasi/

Pengertian teks eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang proses mengapa dan bagaimana suatu topik terkait dengan fenomena alam dan sosial yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jika kita perhatikan, ada banyak fenomena di sekitar kita.
Juga setiap tahun pasti ada fenomena baru yang berkaitan dengan fenomena sosial, ya, jika fenomena alam jarang hal baru.

Fenomena dapat terjadi karena interaksi antara kondisi alam, antara manusia dan alam, atau antara manusia dan manusia.

Tentu saja, sebagai makhluk hidup yang kepadanya akal dan pikiran diberikan oleh Tuhan, kita harus mempelajari semua fenomena yang terjadi dan dapat mengambil pelajaran dari mereka.
Semua fenomena ini memiliki hubungan sebab akibat dan memiliki proses.
Kita tidak hanya mengalami fenomena ini dan menikmatinya, tetapi kita juga harus belajar mengapa dan bagaimana mereka terjadi.

Karakteristik teks eksplanasi

Dikatakan bahwa teks adalah teks eksplanasi jika memenuhi karakteristik berikut:

Informasi yang terkandung di dalamnya didasarkan pada fakta dan nyata tanpa ditambahkan ke pendapat yang kebenarannya belum jelas.
Hal yang dibahas adalah fenomena ilmiah atau terkait sains.
Ini informatif dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk percaya apa yang sedang dibahas.
Ini terdiri dari deklarasi umum, urutan sebab dan akibat dan interpretasi.
Dengan 4 fungsi di atas, telah membuat teks ini berbeda dari yang lain.
Selain itu, kami tidak dapat secara sewenang-wenang membuat teks ini, kami harus mengumpulkan berbagai data melalui penelitian, wawancara, atau bacaan dari berbagai sumber.
Kami juga dapat memverifikasi data yang kami miliki sebelumnya, kami perlu membuat perbandingan dengan data lain.

Inilah sebabnya mengapa lebih dari 1 data diperlukan untuk membuat informasi dalam teks ini lebih tepat.

Lebih jauh, tujuan dari teks ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca, bukan untuk meyakinkan atau undangan untuk melakukan sesuatu.

Struktur teks eksplanasi yang benar

Struktur berikut ini benar dan dalam urutan yang benar, sebagai berikut:Deklarasi umum (general declaration), adalah bagian pertama dari teks penjelasan yang isinya mengenai pengiriman topik atau masalah yang akan dibahas. Bagian ini berisi deskripsi tentang apa dan mengapa fenomena ini dapat terjadi. Penyusunan deklarasi umum ini harus menarik sehingga pembaca ingin membaca teks penjelasan sampai selesai.
Urutan penjelasan sering disebut sebagai urutan sebab akibat dari suatu fenomena. Pada bagian ini, ada penjelasan rinci tentang suatu fenomena yang dibahas secara mendalam dan dalam urutan waktu.
Interpretasi adalah bagian terakhir atau konklusif dari apa yang mengandung esensi atau kesimpulan dari topik atau proses yang dibahas.
Untuk bagian struktural, kemungkinan akan ada pembaruan atau perubahan seiring waktu.
Untuk sekarang berdasarkan berbagai sumber yang saya dapatkan, apakah itu buku dan artikel di Internet, strukturnya masih 3 seperti di atas.
Sekarang, jika ada perubahan di masa depan, saya dengan tulus meminta teman pembaca yang cerdas ini untuk memberi tahu kami melalui kolom komentar, saya akan sangat menghargainya.

Aturan bahasa Teks eksplanasi

Berikut adalah aturan bahasa:
Ia sering menggunakan istilah ilmiah
Banyak yang menggunakan kata kerja material dan relasional
Menggunakan waktu dan hubungan sebab akibat, misalnya: lalu, sebelum, sesudah, jika, jika, jadi

Contoh Teks Eksplanasi

Setelah memahami semua pemahaman, fitur, dan struktur teks penjelasan, saya akan membagikan beberapa contoh model teks ini yang mungkin berguna bagi Anda.

Teks eksplanasi candi Borobudur
Borobudur dikenal sebagai salah satu candi Budha terbesar di dunia. Candi ini terletak di Provinsi Jawa Tengah, khususnya di kota Magelang dan terletak sekitar 100 km barat laut kota Yogyakarta. Meski berada di kota Magelang, candi Magelang lebih dikenal sebagai salah satu tujuan wisata jika kita berada di Yogyakarta. Menurut informasi yang beredar, candi dalam bentuk stupa ini didirikan dari tahun 1800-an dan saat ini masih berdiri kuat.

Meski sudah berusia ribuan tahun, keindahan candi Borobudur masih sangat cerah dan masih digunakan sebagai tempat pemujaan. Setiap hari, banyak turis domestik dan asing yang datang ke kuil ini tidak hanya mengambil gambar, tetapi mereka juga tahu sejarah, cerita dan mitos di balik pendirian candi Budha terbesar ini. Karena tidak ada keraguan apakah Candi Borobudur pernah disebut sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Meskipun keindahan masih dipertahankan, tetapi di beberapa sisi ada kerusakan karena faktor alam seperti yang disebabkan oleh gempa bumi dan ada juga faktor manusia yang tidak bertanggung jawab. Karena alasan ini, renovasi atau perbaikan dilakukan agar candi ini tetap dapat dinikmati walaupun keasliannya tidak lagi seperti dulu.

Candi Borobudur ini adalah candi Budha yang merupakan salah satu yang terbesar tidak hanya di Indonesia tetapi di dunia. Ada kisah luar biasa di balik pendirian candi ini. Tidak berlebihan jika Candi Borobudur layak dinobatkan sebagai salah satu aset berharga negara yang harus dilestarikan sehingga anak-anak dan cucu-cucu kita dapat menikmatinya.

Teks eksplanasi tentang letusan gunung

Letusan gunung berapi adalah bentuk peristiwa alam yang baru-baru ini sering terjadi di negara kita. Indonesia memiliki banyak gunung berapi, baik yang aktif maupun yang sudah mati. Gunung berapi aktif siap meledak kapan saja dan pasti akan menyebabkan kerusakan.

Letusan gunung berapi sepenuhnya disebabkan oleh fenomena alam tanpa campur tangan manusia di dalamnya. Peristiwa ini terjadi karena adanya endapan magma yang menumpuk di perut bumi. Karena tekanan gas yang sangat tinggi, magma ini dihasilkan melalui celah di kawah gunung. Sedikit informasi tentang magma, jadi magma adalah cairan pijar yang sangat panas dengan suhu di atas 1000 derajat Celcius. Magma yang muncul melalui celah di kawah disebut lava dan suhunya turun hingga sekitar 700 derajat Celcius.

Tidak hanya mencuci, ada bahan lain yang dirilis oleh gunung berapi, termasuk batu dan abu vulkanik. Abu vulkanik itu sendiri dapat menyebar dalam radius yang sangat jauh, bahkan di negara-negara tetangga kita seperti Malaysia, Singapura dan Brunei. Bahkan ketika Gunung Krakatau meletus, abunya mencapai Eropa.

Ketika letusan gunung berapi terjadi, daerah di sekitar gunung berapi akan mengalami gempa vulkanik besar atau kecil tergantung pada ukuran letusan terjadi.

Setelah proses erupsi bahkan tidak menghentikan bencana, masyarakat sekitar harus tetap waspada dengan terjadinya banjir lahar dingin yang dapat merusak berbagai struktur dan bangunan yang mereka lewati. Meskipun berdampak negatif, lahar dingin juga berguna untuk pemupukan tanah.

Letusan gunung berapi sebenarnya telah menjadi fenomena alam yang kehadirannya tidak dapat diramalkan. Untuk ini kita harus tetap waspada mengingat bahwa Indonesia berada di daerah “Ring of Fire” dengan banyak gunung berapi aktif. Meski begitu, letusan gunung berapi juga menyelamatkan lingkungan.

Ini semua materi saya untuk memahami teks eksplanasi, struktur dan contoh-contohnya, semoga artikel lengkap di atas akan bermanfaat bagi Anda semua pembaca setia blog sederhana ini. Terima kasih

Sumber : https://rumusrumus.com/