Jeruk nipis tidak umum dijadikan cemilan atau makanan pencuci mulut sebab rasa asam yang berlebihan membuat kebanyakan orang sulit untuk mengkonsumsinya. Umumnya, jeruk-nipis dijadikan pelengkap saja saat makanan atau digabung dgn minuman jus untuk memberi sensasi fresh. Walau begitu, Jeruk yang mempunyai warna kehijauan hingga kekuningan ini mempunyai tidak sedikit nutrisi didalam isinya.

Buah yang satu ini berasal dari tanaman perdu dgn nama-latin Citrus-aurantifolia, atau dlm bahasa Inggris disebutkan Key-Lime. Buahnya yang terlihat kecil, hampir semua memiliki ukuran sekitar tiga hingga enam centimeter. Kulit dari buah ini berpori kecil dan lembut saat dipegang.

Jeruk-nipis adalah tumbuhan ciri khas dari wilayah Asia Tenggara. Tetapi sekarang telah tersebar luas di dunia, dari mulai Eropa, Afrika sampai ke daerah Amerika. Tumbuhan ini mempunyai dikit hama pengganggu & cukup gampang menyesuaikan, dapat dibudidayakan dlm tenggang iklim yg luas.

jeruk nipis
Jeruk Nipis

Kandungan Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya dgn beberapa vitamin didalamnya, mineral dan beberapa zat lain. Tidak bingung jika buah-buahan ini seringkali jadikan lambang beberapa produk yang mengandung Vitamin atau suplemen makanan. Hampir semua dlm sebutir jeruk nipis memiliki kandungan 30 mg vit. C. Jumlahnya itu dapat memenuhi sampai 30% keperluan harian vit. C badan orang.

Vit. C memiliki peranan yang sangat sentra buat perkembangan & perubahan badan kita. Vit. C gampang tereleminasi dari badan melalui urin. Jadi, tiap hari badan membutuhkan konsumsi vit. C dengan terus-terusan.

Vit. C diperlukan untuk perkembangan & memperbaiki jaringan badan yg rusak. Penting untuk menolong proses terbentuknya kulit, otot & pembuluh dari darah dlm badan. Selain itu juga membantu menjaga kemampuan tulang & gigi.

Vit. C adalah zat anti-oksidan yang dapat mencegah pertumbuhan radikal bebas di dalam tubuh. zat radikal-bebas yg ada di dalam tubuh akan membuat proses penuaan menjadi cepat & menjadi salah 1 pemicu kanker & berbagai masalah kesehatan lain. Setiap harinya ada banyak radikal bebas menyebar di seputar kita, untuk itu penting untuk mengkonsumsi vitamin c. baca juga agen foredi makassar

Bukan sekedar vit. C, jeruk nipis adalah salah 1 sumber vit. A, vit. B & folat. Peranan vit. A yang terpopuler ialah mempertahankan kesehatan mata. Selain itu menolong pembentukan beberapa sel baru & membantu penyembuhan peradangan.

Sedang vit. B memiliki kegunaan untuk menolong kemampuan kerja sistem saraf-pusat sampai memberi dukungan meningkatnya sistem ketahanan dari tubuh kita. Kandungan folat pada jeruk nipis berguna juga buat bunda hamil dimana keperluan akan konsumsi asam folat dibutuhkan untuk menahan efek dari keadaan bayi lahir cacat.

Jeruk-nipis dapat digunakan untuk menjaga kecantikan kulit sebab buah ini memiliki kandungan vit. C yang cukup tinggi. Bila diminum, buah ini dapat juga memberikan beberapa kegunaan buat kesehatan, salah satunya;

Lancarkan pencernaan

Buat anda yang punyai permasalahan pencernaan, coba minum air dgn kombinasi perasan jeruk-nipis. Karakter asamnya pada jeruk ini dpt menolong air liur mengurai makanan & kandungan flavanoid didalam buah jeruk ini mengstimulasi keluarnya enzim2x pencernaan. artikel terkait minyak kutus kutus

Jaga kandungan gula darah

Buat pasien diabetes atau yang beresiko terserang diabetes sebab turunan, coba lakukan konsumsi air jeruk nipis dgn teratur. Jeruk nipis dapat menolong kurangi penyerapan kandungan gula ke dlm darah.

Kurangi efek masalah kesehatan jantung

Kandungan magnesium & kalium dlm jeruk nipis berperan memperhatikan kesehatan jantung. Kalium bisa turunkan tekanan darah dengan natural & lancarkan perputaran darah, hingga efek serangan jantung & stroke juga menyusut.

Menangani peradangan

Tanda-tanda radang sendi, asam urat & peradangan yang lain bisa dikurangi dgn konsumsi air jeruk nipis. Kandungan vit. C di dalamnya akan menolong menurunkan tanda-tanda peradangan itu, sekaligus juga pecahkan kandungan purin yang ada pada makanan misalnya daging, hati, jamur, & kacang-kacangan yang menyebabkan asam urat.

Bila ingin konsumsi air jeruk nipis, dianjurkan agar durasi minumnya supaya tidak sering. Karena, minum jeruk nipis begitu tidak sedikit bisa mengakibatkan meningkatnya asam lambung dan terjadinya kerusakan pada lapisan email gigi.