LAKUKAN: Agar anak tak berlama-lama memakai sepatu tinggi (karena dikhawatirkan jatuh dan terkilir), tawari ia untuk memakai flat shoes milik Mama. Jika anak terus merengek menggunakan high heels, berikan kesempatan baginya untuk mencoba sambil diawasi. Setelah itu, alihkan anak ke sepatu atau sandal dengan sol datar.

– Berpakaian orang dewasa. Si prasekolah ngotot ingin mengenakan pakaian atau aksesori orantuanya, padahal ukuran dan modelnya tidak sesuai. Misalnya stocking, syal, kerudung, atau dasi.

LAKUKAN: Biarkan ia mencoba memakai pakaian dan aksesori orangtua sepanjang itu aman-aman saja. Ajak anak berfantasi dengan baju kebesarannya itu; apakah menjadi pesulap atau baginda raja dan ratu? Justru karena ukurannya kebesaran, anak senang dengan sensasinya. Toh, anak tetap perlu diarahkan untuk memakai bajunya sendiri. Jadi, pastikan Mama Papa mencontohkan cara berpakaian yang sesuai dengan ukuran badan, dengan acara dan waktu: mana pakaian untuk di rumah , pakaian untuk bermain, serta bepergian, dan cara berpakaian yang sopan.

– Membawa tas orang dewasa Anak perempuan biasanya senang membawa-bawa tas mamanya, dan anak laki-laki membawa-bawa tas papanya.

LAKUKAN: Beri anak kesempatan membawa tas seperti orang dewasa. Untuk yang satu ini aman dilakukan selama isinya tidak terlalu berat dan tidak ada bagiannya yang tajam. Mama Papa perlu mengajarinya bagaimana cara memelihara tas dengan baik. Misalnya, tidak dilempar, dibuka dengan kasar, dicorat-coret, dan dibiarkan isinya berhamburan. Kalau tampak gelagat si prasekolah bisa merusak penampilan tas yang masih sering dipakai, tawarkan tas serupa tetapi yang sudah lama atau tidak ingin dipakai lagi.

– Memakai kacamata hitam Biarkan saja jikalau si prasekolah ingin mencoba kacamata hitam Mama dan Papa. Ia pasti ingin bergaya seperti kedua orangtuanya. Jadi, penuhi saja rasa penasarannya.

LAKUKAN: Minta ia untuk memegang dan mengenakan kacamata tersebut dengan hati-hati. Bantu ia mengenakannya dengan pas. Jelaskan apa fungsi kacamata hitam sebenarnya, kapan kita boleh memakainya. Ajak ia membedakan apa rasanya memakai kacamata hitam di tempat cerah dan gelap. Jika memang kacamata hitam tidak diperlukan, ajak anak melihat warna dan kecerahan sesuai dengan aslinya karena ia harus belajar banyak dari lingkungan.

Berikut ini adalah info seputar tempat kursus terbaik persiapan IELTS di Jakarta bagi Anda yang akan melanjutkan kuliah ataupun pindah ke luar negeri.