Semua anak berhak menikmati taman kota yang aman, nyaman, dan bersih agar dapat beraktivitas dengan gembira.

Gerakan Cinta Taman

Nadine Zamira Sjarief (30) adalah pendiri LeafPlus, sebuah lembaga konsultan komunikasi lingkungan hidup. Ia menggagas Hidden Park, yakni kampanye kreatif untuk membangkitkan semangat masyarakat beraktivitas di luar ruangan, terutama di taman kota. Kampanye ini tak hanya untuk mengangkat peran penting taman kota, namun juga sebagai ruang publik alternatif yang lebih sehat.

Kampanye ini berawal dari banyaknya suara dari warga tentang taman kota yang didengar Nadine. “Mereka umumnya banyak mengeluh bahwa taman kota banyak sampah, bau, tak ada toilet, tak ada jogging track, ada pungli, dan yang paling ditanya adalah playground buat anak-anak. Di perkotaan memang minim area bermain buat anak. Coba, biasanya ke mana orangtua mengajak anaknya? Ke mal atau playland padahal ada ruang di tengah kota yang bisa dimanfaatkan.”

Karena itulah, Nadine mengampanyekan taman kota sebagai ruang yang sangat potensial. “Kami adakan berbagai kegiatan menyenangkan, mengajak orang bahkan pihak sekolah untuk berinteraksi di taman kota, nonton ­ lm, membatik, mendongeng, anak diajarkan menanam sayur hingga panen. Dengan kegiatan ini kami ingin warga tahu ada potensi yang tersembunyi di taman kota,” ujarnya.

Dari pengalaman baru yang menyenangkan di taman kota, Nadine berharap, banyak orang yang akan “jatuh cinta”. “Setelah banyak orang berkegiatan di taman kota, pemerintah makin memberi perhatian, begitu pula private sector. Nah, Hidden Park berada di tengah-tengah mencoba untuk memfasilitasi berbagai hal yang dibutuhkan.”

Semanagat Hidden Park

Tahun ini adalah tahun ketiga Hidden Park berkampanye. Tahun pertama di Taman Langsat, tahun kedua di Taman Tebet. “Usai kampanye, banyak perbaikan fasilitas di kedua taman itu. Misalnya di sana dibangun sarana bermain anak oleh partner kami. Di tahun ketiga ini kami masih mensurvei mana taman yang akan diinterversi karena mencari taman yang nyaman untuk berkegiatan itu gampang-gampang susah. Setidaknya lokasinya rindang, tidak panas, aman serta nyaman.” Siapa pun akan diajak bekerja sama oleh Nadine demi mewujudkan mimpinya ini.

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai tempat terbaik kursus TOEFL di Jakarta untuk Anda yang akan mengikut tes tersebut.