Dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, beragam komunitas, sektor swasta, bahkan sekolah. Nadine juga membentuk komunitas yang disebut Parktivis yang terdiri atas para relawan yang membantu kampanye Hidden Park. Parktivis juga menjadi fasilitator bekerja sama dengan Dinas Pertamanan dalam upaya membersihkan taman dan sebagainya. “Semua pihak berperan untuk memperbaiki kualitas taman kota, diharapkan semakin besar kontribusinya.”

Karena itulah Nadine begitu bahagia saat semangat Hidden Park menular ke beberapa kota lain. Tak sedikit respons dari masyarakat di kota lain yang berkonsultasi dengan Nadine. “Pertanyaannya beragam, ada yang bingung bagaimana cara berkomunikasi dengan pemerintah kota, hal apa saja yang perlu dilakukan agar kampanye jadi menarik, dan sebagainya. Kami berikan informasi dan dukungan semaksimal mungkin. Alhasil, gerakan ini bisa berkelanjutan sampai di luar kota Jakarta”

Alam, Memori Terindah

Nadine menganggap pentingnya anak aktif berkegiatan di luar ruangan. Manusia terlahir memiliki hubungan yang sangat dekat dengan alam. “Sejak kecil, memori terindah saya adalah di luar ruangan. Saya beruntung memiliki orangtua yang memahami hal ini. Saya belajar memerhatikan lingkungan, diajak kemping, hiking, snorkling, memantau burung.

Karena itulah saya benar-benar jatuh cinta dengan alam. Ketika saya makin dewasa, sensitivitas terhadap alam itu makin tertanam, sehingga saya menentukan karier yang berkutat pada bidang lingkungan,” papar Nadine yang menghabiskan masa kecil di Colorado Amerika Serikat ini. Menurut Nadine orangtua dan pihak sekolah harus makin kreatif mendorong anak aktif di luar ruangan, mengenal lingkungan langsung melalui observasi.

Manfaatkan momen liburan untuk mengajak anak ke berbagai destinasi alam. Biarkan anak bereksperimen dan bersentuhan dengan elemen alam. Menginjak rumput dan tanah, bukan melarang karena kotor. “Di luar negeri, pembelajaran mengenai lingkungan hidup terintegrasi di semua lini, sekolah, komunitas, bahkan di apartemen harus menanam sayur.

Budaya berkegiatan di luar ruang sudah menjadi gaya hidup mereka. Di sini kan belum sampai ke sana, tapi sudah menjadi target. Mudahmudahan nanti akan ada satu hari bermain di taman atau ada Hari Taman nasional. “

Dan untuk Anda yang akan pindah ataupun melanjutkan pendidikan ke luar negeri berikut adalah rekomendasi tempat terbaik kursus persiapan IELTS di Jakarta.