Halo Dokter Rifan, anak saya (22 bulan), minum susunya (formula) “kencang” sekali. Dia juga susah makan, tapi doyan mengemil biskuit. Buah yang dia suka cuma pisang, sedangkan sayur kurang suka. Dok, saya ingin sekali membentuk pola makan yang sehat buat anak saya. Tapi kalau saya masakkan menu yang sesuai umurnya, dia menolak mentah-mentah, sampai tutup mulut segala. Saya sampai putus asa, Dok. Mohon saran bagaimana membentuk pola makan yang sehat sebelum terlambat. Terima kasih. Fatimah Azzahra – Bandung.

Hampir setiap anak akan mengalami fase menolak jenis makanan tertentu dan hanya menyukai jenis makanan lainnya. Pola makan dan pola asuh yang tepat akan membantunya melalui proses makan dengan baik. Jangan membiasakannya mengonsumsi jenis makanan/minuman tertentu secara dominan, misalnya memberikan/membiasakan minum susu terlalu banyak terutama di saat waktu makannya.

Hal ini akan menyebabkannya malas belajar makan, sehingga bila dibiarkan terus-menerus akan makin sulit melatihnya mengonsumsi makanan selain yang disukainya. Banyak faktor yang dapat membantu keberhasilan proses makan dengan baik. Misalnya dilakukan dalam suasana menyenangkan, penuh kesabaran dan kasih sayang, ada variasi rasa, warna dan jenis makanan.

Pusatkan perhatian Ibu hanya kepadanya saat makan, hindari hardikan dan pemaksaan, tapi lakukan dengan penuh kedisiplinan dan konsisten sesuai tingkat pemahamannya. Tetapkan waktu makan yang sama setiap hari secara berkesinambungan maka diharapkan proses belajar makannya akan berhasil dengan baik.

Selain pola makan tentunya jenis makanan yang sehat juga perlu diperhatikan. Pola makan yang sehat dan jenis makanan yang sehat dan bergizi akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Fisik dan kecerdasan anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. sehingga anak bisa menangkap semua hal baru yang diajarkan di sekolah maupun di rumah.

Tak hanya itu saja, pola makan sehat juga akan membuat anak terbiasa dengan semua yang berkaitan dengan kesehatan. Dalam hal ini adalah kebersihan. Tak menutup kemungkinan anak juga akan suka kebersihan karena itu adalah sumber kesehatan. Untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai pola makan sehat dan pola hidup sehat simak situs gaya hidup modern sehat sehingga menambah wawasan dalam hidup ini.

Sedangkan untuk anak yang ingin menguasai bahasa asing, berikan ia tambahan pelajaran bahasa asing di tempat les terbaik bahasa Jerman di Jakarta sehingga ia mahir dalam berbicara bahasa Jerman.