Dear Ibu Mayke, salam kenal. Bu, anak saya (7 tahun) tampaknya sangat susah dan malas sekali menghafal. Ia juga tidak betah belajar berlama-lama. Namun pada saat menggambar, dia bisa asyik sekali. Gambarnya memang bagus untuk anak seusianya. Sudah beberapa kali ia memenangi lomba di sekolah dan di mal-mal. Mungkin bakatnya memang ke seni ya, Bu? Saya dan ayahnya tidak mempermasalahkan anak kelak mau menjalani profesi apa pun.

Masalahnya, sampai SMA, anak saya tentunya harus menjalani pendidikan formal, dan pelajaran-pelajaran yang akan diterimanya, pasti ada yang harus dihafal. Bu, kalau dari sekarang sudah malas, saya khawatir ke depannya bagaimana? Ayahnya sedang mempertimbangkan home schooling, tapi saya masih belum sreg karena takut nanti jadi kuper. Mohon pencerahan Ibu Mayke. Terima kasih. Sinta Dewayani.

Keluhan Bu Sinta, anak “malas “ menghafal, apakah benar demikian? Selama ini, bagaimana metode belajar yang diterapkan? Memang kemampuan anak bermacammacam, ada yang daya ingatnya kuat dan ada yang tidak, namun pengalaman pertama ketika anak belajar, sangat memengaruhi minat belajarnya. Bagaimana pula reaksi orang-orang di sekitarnya ketika ada tugas yang harus dipelajari oleh anak, mendukung ataukah tidak?

Sebaiknya Ibu melatih anak untuk memahami dan memaknai materi yang harus dia pelajari. Pada anak usia sekolah, materi yang bersifat teoritis, perlu diterjemahkan pada tataran konkret praktis, misalnya dikaitkan dengan pengalaman dia, sehingga lebih mudah untuk dimaknai. Ketika menjelaskan suatu topik, jabarkan melalui contoh-contoh konkret, atau melihat langsung di lapangan, seperti apa wujudnya.

Bagaimanapun juga, tidak bisa membiarkan anak hanya menghafal tanpa tahu apa maknanya. Hal itu yang membuat anak menolak belajar. Metode ­ eld-trip merupakan salah satu cara agar anak secara nyata dapat mengamati langsung apa yang terjadi. Ketika dia belajar tentang sifat air, praktikkan agar anak bersemangat. Jadi, perlu diciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bisa menyemangati anak untuk tahu lebih banyak.

Saya setuju, home schooling tidak selalu menjadi pemecah masalah belajar. Anak perlu ditantang untuk mengatasi kesulitan yang dia hadapi, jangan terlalu mudah mencarikannya solusi agar dia tidak manja dan menjadi anak yang mudah menyerah. Kalau orangtua dan guru bisa membantu anak dengan metode belajar yang tepat dan menyenangkan, niscaya keengganan belajar bisa diatasi.

Berikut ini bisa anda simak tempat terbaik kursus TOEFL IBT Jakarta untuk anak Anda yang akan melanjutkan studi di luar negeri.