Selama penggunaan sesuai dosis dan indikasi, efek samping amat minim, seperti terjadi peningkatan gula darah. Karena itulah umumnya akan dilakukan kontrol setiap 3 bulan untuk pemeriksaan gula darah. Pemberian hormon pertumbuhan ini harus konsisten untuk mendapatkan hasilnya, tidak bisa hanya 1—2 bulan lalu dihentikan. Sebab, bila terhenti, maka pengobatannya tidak efektif. Padahal biayanya cukup mahal. Jika anak terdeteksi dini karena masalah hormonal, semakin mengalami ditangani maka akan semakin cepat bisa dimaksimalkan tinggi potensi genetik yang sebenarnya bisa dicapai anak.

* Kelainan tulang. Salah satu jenis kelainan tulang adalah akondroplasia yang menyebabkan tulang jadi lebih pendek sehingga tinggi badannya juga jadi pendek. Penyebabnya kelainan gen yang membuat pertumbuhan tulang sangat cepat sehingga tulang malah menjadi pendek-pendek. Untuk kasus tubuh pendek akibat kelainan tulang sayangnya belum ada terapi yang efektif. Salah satu negara yang menangani masalah ini dengan penggunaan growth hormon adalah Jepang.

* Kelainan kromosom (sindrom Turner). Jika terdapat anak perempuan pendek maka salah satu yang harus dipikirkan adalah sindrom Turner. Sindrom Turner ini disebabkan oleh kelainan kromosom, akibat hilangnya salah satu kromosom X atau salah satu kromosom X mengalami kelainan. Ingat bahwa perempuan normal itu memiliki dua kromosom X yang normal. Terapinya juga dengan growth hormone sesuai konsensus internasional.

Terapi growth hormone pada pasien sindrom Turner cukup efektif. Dalam satu tahun pertama terapi pertambahan tinggi badan bisa mencapai 9-10 cm. Terlepas entah anak itu tinggi atau pendek, yang pasti dimensi gerak pertumbuhan anak tetap harus seimbang antara tinggi badan, berat badan, dan ukuran lingkar kepala. Ini bisa dilihat dari kurva pertumbuhan yang bergerak sejajar. Orangtua juga perlu memiliki keyakinan bahwa meski tubuh anak pendek, ia normal dan bisa berprestasi. Anak juga perlu ditingkatkan kepercayaan dirinya, tentu.

Untuk menambah informasi mengenai dunia anak simak situs parenting dan dunia anak seingga mendapatkan informasi lebih mengenai cara mendidik anak yang benar dan baik. Dengan begitu perkembangan fisik dan mental anak bisa berjalan dengan baik sampai mereka dewasa. Dan berikan ia pelajaran bahasa asing di kursus pendidikan berbahasa Jerman di Tangerang agar memiliki sklill lebih dalam berbahasa.