Sebaliknya, jika ada masalah pada hormon, gangguan hipotiroid, misalnya, bone age-nya akan terlambat dari usia anak. Contoh, usia anak 4 tahun namun bone agenya usia anak 1 tahun. Bila sudah terkonfmasi bahwa pendeknya anak diakibatkan oleh hormon (hipotiroid), barulah dokter akan mengupayakan terapi hormon.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab tubuh pendek:

* Penyakit infeksi. Contoh, ada penyakit infeksi saluran kemih yang tak tertangani, gagal ginjal kronis sejak kecil, tuberkulosis, infeksi parasit/ cacingan, dan sebagainya. Untuk mengetahui perlu dilakukan pemeriksaan dan dilakukan pengobatan untuk mengatasi penyakitnya dulu. Setelah itu, bisa dilakukan terapi hormon pertumbuhan. Untuk kasus gagal ginjal kronis, tetap bisa dilakukan terapi hormon pertumbuhan (growth hormon). penanganan ini sudah diakui dan disetujui secara internasional.

* Kekurangan gizi. Anak pendek dan kurus juga bisa disebabkan kurang gizi (malnutrisi). Solusinya tentu dengan memperbaiki asupan gizi buah hati. Idealnya asupan gizi anak harus cukup dan seimbang. Tidak hanya salah satu zat saja yang diutamakan, kalsium, misalnya. kalsium memang penting untuk pertumbuhan tulang, namun tanpa vitamin D yang cukup, penyerapannya tak akan maksimal. Jika keduanya tercukupi, tetapi asupan protein anak kurang, juga tidak ada gunanya untuk pertumbuhan. Sekali lagi, semua zat gizi harus seimbang, tidak boleh kekurangan ataupun kelebihan.

* Masalah hormonal. Ada anak yang secara gizi baik dan tampak chubby, tetapi tubuhnya pendek. Untuk kasus ini perlu dipikirkan adanya masalah hormonal, misalnya kekurangan hormon tiroid (hipotiroid). hipotiroid bisa disebabkan faktor bawaan, keturunan, ataupun didapat (autoimun). pengobatannya dengan pemberian obat tiroid yang diminum setiap hari.

Untuk hipotiroid bawaan, konsumsi obat dilakukan seumur hidup. Sedangkan untuk kasus kekurangan hormon pertumbuhan, akan dilakukan pemberian hormon pertumbuhan yang disuntikkan setiap hari di bagian paha. Jangka waktunya bisa sampai bertahun-tahun. Dalam satu tahun, tinggi tubuh anak bisa bertambah 10—12 cm. Bagaimana dengan efek samping?

Perkembangan anak dari kecil hingga dewasa terkadang tidak terasa. Yang awalnya masih kecil dan hanya bermain tidak terkira sudah akan memasuki bangku sekolah menengah. Agar anak bisa lulus tes berikan dia tambahan pelajaran di kursus pelatihan tes GRE Jakarta. Sehingga anak bisa lolos tes masuk di Sekolah luar negeri ternama dengan mudah.