Jika menggunakan sepeda dikatakan kuno, itu pikiran salah guys. Sekarang ini, trend menggunakan sepeda sebagai alat transportasi semakin diminati.

Seiring dengan isu pemanasan global, semua negara gencar untuk menerapkan hidup ramah lingkungan, termasuk dengan meningkatkan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi.

Tidak hanya di Indonesia saja, tapi di luar negeri kalian akan banyak menemukan orang ke kantor dengan bersepeda, atau melakukan kegiatan lainnya.

Tapi dari banyak tempat, ada beberapa kota yang dikenal sebagai kota paling ramah untuk bersepeda di Eropa, yaitu :

AMSTERDAM

Amsterdam telah menyandang predikat sebagai ibukota sepeda dunia. Prestasi ini diperoleh karena pemerintah sangat konsen dalam menggalakkan ramah bersepeda.

Jerih payah pemerintah tidak sia-sia, terbukti sekitar 40% sepeda telah mendominasi dari keseluruhan pengguna jalan dikota Amsterdam.

Bersepeda di Amsterdam cenderung aman karena infrastruktur untuk para pesepeda telah dibangun lengkap.

BARCELONA

Program Barcelona Bicing adalah salah satu dari sekian banyak sistem penyewaan sepeda massa yang telah muncul baru-baru ini di Eropa dan di luar.

Program ini memulai debutnya pada tahun 2007 di ibukota Catalonia. Sebagai pendukung, Bike Week tahunan juga diadakan pada akhir Mei untuk menyebarkan berita ini.

BERLIN

Bayangkan saja sebanyak 400.000 komuter (penglaju) mengayuh sepedanya untuk sampai ke tempat kerja setiap hari. Tapi angka itu belum merupakan pencapaian tertinggi di Berlin.

Oleh karena itu jutaan euro dialokasikan untuk mendorong lebih banyak pesepeda untuk mendapatkan kenyamanan di jalan-jalan.

Salah satu hasilnya adalah situs pemetaan yang membantu pesepeda merencanakan rute sepeda.

BACA JUGA: bus-pariwisata-bris-trans

COPENHAGEN

Copenhagen, Denmark adalah kota yang direkomendasikan untuk kunjungan wisata sepeda di Eropa.

Sekitar sepertiga dari tenaga kerja menggunakan sepeda untuk sampai ke kantor dan lebih dari satu juta kilometer mereka mengayuh setiap hari.

Kota ini sangat ramah bagi para pesepeda karena memiliki jalur sepeda yang memiliki system signal tersendiri.

UTRECHT

Amsterdam memang telah membuktikan prestasinya dalam hal ramah untuk pesepeda. Tapi jangan salah, di Belanda ada satu tempat lagi yang juga diklaim sebagai kota paling ramah untuk bersepeda, yaitu Utrecht.

Utrecht, lebih dari setengah penduduk di tempat ini bepergian dengan menggunakan sepeda. Bahkan, pemerintah setempat membangun sekitar 12.500 fasilitas parkir sepeda yang dikenal sebagai parkir terbesar di dunia. Tempat ini merupakan pilihan tepat bagi kalian yang ingin bersantai dan wisata sepeda.

Tempat ini merupakan pilihan tepat bagi kalian yang ingin bersantai dan wisata sepeda.

PARIS

Paris mendapat banyak apresiasi dari kehadiran “Vélib”. Velib adalah salah satu program sewa sepeda publik terbesar dunia.

Dua puluh ribu model dengan tiga jenis kecepatan telah didistribusikan di antarnyaa terdapat 1.450 stasiun sewa di seluruh kota, tersedia untuk pelanggan dengan harga bermacam-macam (sewa sepeda kurang dari 30 menit tidak akan dikenakan biaya).

Apakah kalian tertarik mencobanya? Belum pernah kan wisata sepeda di luar negeri?

Sumber: hello semarang