Sering mendengar bus HDD? Ya, model bus yang satu ini sudah banyak diproduksi oleh berbagai industri karoseri. Adiputro, Laksana, Tentrem, Restu Ibu, new Armada, morodadi prima dan lain lain hampir semua memiliki produk bus dengan tipe HDD.

ibistrans.com sewa bus pariwisata gambar bus SHD Bejeu Karoseri Laksana legacy SR2 Prime.jpg

Transportasi merupakan suatu kebutuhan vital dewasa ini, setiap orang pasti membutuhkan alat transportasi untuk menunjang mobilitas. Salah satunya transportasi darat berupa angkutan penumpang dengan bus. Melesatnya perkembangan bus di Indonesia mengakomodir berbagai perusahaan untuk menciptakan model bus yang unik, nyaman dan aman.

Tentu kita sering mendengar bus double decker, bus high doubel decker, dan bus super high decker. Ketiga varian bus ini adalah bus yang dibuat dua lantai atau sering disebut dengan bus tingkat. Masih menjadi perbincangan di kalangan masyarakat adalah perbedaan atara bus HDD dengan Bus SHD, sebab keduanya terlihat serupa akan tetapi sebetulnya tidak sama.

Ini dia perbedaan Bus HDD dan SHD

Ada beberapa perbedaan yang mencolok antara kedua bus, berikut kami rangkum informasinya untuk Anda.

  1. Body bus

Bus HDD memiliki dimensi ketinggian 3,7 meter dengan kaca ganda (double glass). Sedangkan bus SHD memiliki dimensi ketinggian mencapai 3,9 meter dengan kaca ganda (double glass).

  • Wiper

Seperti kebanyakam bus lainnya, bus HDD memiliki satu wiper di bagian atap (roof), sementara bus SHD dirancang dengan dua wiper yang diletakkan di bagian kaca utama dan di atap.

  • Ruang bagasi

Pada bus high double decker, bagasi berukuran cukup untuk menyimpan barang penumpang, sedangkan pada bus SHD, bagasi bus ini dapat menyimpan 5 (lima) sepeda motor, sehingga cukup luas.

  • Sirkulasi udara

Pada bus HDD sirkulasi udara lebih sempit dari jarak kaca belakang. Dibandingkan dengan bus SHD, bus ini memiliki sirkulasi udara yang lebih lebar. Ini dapat meredam suara kebisingan dari mesin.

  • Interior

Kedua bus ini biasanya dirancang dengan interior yang bagus dan nyaman untuk penumpang. Baik pada bus HDD dan SHD, keduanya memiliki ketinggian desk yang melebihi rata-rata. Desain interiornya dilengkapi dengan lampu LED untuk meredam cahaya dari luar. Demikianlah ulasan mengenai bus HDD. Bagi Anda yang berminat untuk mencobanya, silakan pesan dan rasakan pengalaman menarik menaiki bus ini. Semoga bermanfaat.

Agar lebih sempurna alangkah lebih baik jika anda mencoba sendiri bus tersebut dengan cara traveling dengan menggunakan layanan sewa bus pariwisata ataupun pergi keluar kota dengan bus AKAP yang telah menggunakan bus model HDD atau SHD